Selasa, 08 Desember 2009

Kenali Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Cacingan


Kenali Gejala dan Cara Mengobati  Penyakit Cacingan

     Pada umumnya cacingan mempunyai gejala yang berbeda-beda sesuai jenisnya. Sebut misalnya cacing kremi. Cacing ini bila sudah menginfeksi anak-anak maka, maka yang terasa salah satunya adalah rasa gatal disekitar daerah anus atau vulva (kemaluan wanita).
     Gejala ini akan memburuk di malam hari ketika cacing kremi biasanya keluar dari permukaan tubuh untuk menaruh telurnya disekitar anus/vulva. Cacing ini juga dapat terlihat di feses.
     Berbeda dengan cacing gelang yang tidak menimbulkan gejala, meskipun untuk jenis toxocora canis dapat menyebabkan masalah penglihatan apabila terdapat di mata karena menimbulkan radang dan luka pada retina mata. Cacing gelang ini juga dapat berpindah ke bagian paru-paru menyebabkan timbulnya batuk dan asma, serta menimbulkan bengkak di organ tubuh lain.
     Sementara cacing pita dapat menimbulkan rasa sakit di daerah perut. Cacing pita dapat menutupi daerah otot, kulit, jantung, mata dan otak. Selain itu, gejala lain yang mungkin timbul adalah rasa mual, lemas, berkurang atau hilangnya nafsu makan, kemudian rasa sakit di bagian perut, bahkan diare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar